5 Makanan dari Olahan Kacang Tolo

Banyak manfaat kacang tolo yang menyehatkan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar

Selain kacang merah, kedelai dan kacang tanah, terdapat satu jenis kacang-kacangan yang kerap menjadi bahan olahan masakan, yakni kacang tolo. Bukan tanpa alasan mengapa salah satu jenis kacang-kacangan ini kerap diolah menjadi masakan, banyak manfaat kacang tolo yang menyehatkan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar.

Selain disebut dengan kacang tolo, kacang jenis ini juga dikenal dengan nama tunggak, dadap hingga kacang kebo. Pada umumnya, kacang jenis ini dijual dalam bentuk kering sehingga masyarakat yang ingin mengolahnya menjadi masakan terlebih dahulu harus merendam agar mengembang setelahnya baru bisa diolah dan dimasak.

Olahan dari Kacang Tolo

Banyak masakan yang bisa dibuat menggunakan kacang tolo, bahkan hingga ratusan resep tersebar di internet mengenai cara mengolah kacang tolo menjadi masakan yang menyehatkan. Selain dibuat menjadi sayur sendiri, kacang tolo juga bisa menjadi bahan tambahan sayuran lain karena sifatnya yang fleksibel dan tidak merusak rasa, berikut beberapa jenis makanan kacang tolo.

  • Bakwan kacang tolo.
  • Pie basah isi kacang tolo.
  • Serabi kacang tolo.
  • Onde-onde isi kacang tolo.
  • Sayur kacang tolo.

Manfaat Kacang Tolo

Bukan tanpa alasan mengapa salah satu jenis kacang-kacangan ini kerap dijadikan sebagai olahan masakan atau sekadar bahan tambahan dalam masakan. Hal itu dikarenakan kacang tolo memiliki berbagai komponen zat gizi yang sangat penting untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan kacang tolo untuk tubuh.

  • Protein

Manfaat pertama dan yang utama dari kacang tolo adalah kandungan protein, kacang jenis ini merupakan sumber protein yang baik. Terlebih bagi seseorang yang memang tidak mengonsumsi daging, protein merupakan zat gizi yang sangat penting dibutuhkan tubuh. Termasuk dalam membentuk otot, jaringan kulit, rambut dan kuku.

Asupan protein orang dewasa laki-lai setidaknya mencapai angkat 62-65 gram protein dalam satu harinya dan untuk perempuan sebanyak 56-57. Sementara itu, 100 gram kacang tolo dalam data komposisi pangan Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Indonesia mampu memberi 24,4 gram protein.

  • Zink

Kacang tolo juga merupakan sumber zink, salah satu mineral sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski jumlah zink yang dibutuhkan tubuh tidak banyak, namun kandungan ini berfungsi mengaktivasi sel T yang memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang kekurangan zink, maka sistem kekebalan tubuh mereka otomatis akan menurun.

  • Folat

Konsumsi kacang tolo sebanyak satu cangkir teh penuh mampu memberi 52 persen asupan folat harian yang disarankan dipenuhi tubuh. Folat berperan penting dalam menciptakan materi genetik, merupakan gen pada setiap makhluk hidup dan akan diturunkan kepada anak mereka. Hal inilah yang membuat folat menjadi penting selama masa pertumbuhan anak.

  • Kalsium

Kacang tolo juga merupakan bahan nabati alami yang tinggi akan kalsium, data komposisi pangan Kemenkes RI menyebutkan bahwa dalam 100 gram kacang tolo kecing mengandung 481 mg kalsium. Jumlah ini bahkan sudah bisa memenuhi hingga hampir setengah cukup gizi kalsium orang dewasa, yakni sebesar 1.000 mg dalam setiap harinya.

  • Serat

Manfaat kacang tolo selanjutnya untuk kesehatan muncul dari komposisi serat, serat ini mampu membantu dalam beberapa hal terkait masalah pencernaan. Seperti melancarkan pencernaan, mencegah sembelit hingga mencegah gejala irritable bowel syndrome. Selain itu, serat yang ada juga bisa menjaga tingkat kolesterol di dalam aliran darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*