Beberapa Kondisi yang Menyebabkan Keringat Dingin

Pernahkah Anda berkeringat yang cukup banyak padahal sedang tidak kegerahan atau melakukan aktivitas fisik yang berat? Jika pernah, itulah yang disebut dengan istilah keringat dingin. Keringat dingin dikenal dengan istilah medis diaphoresis.

Keringat dingin ini sering muncul di bagan-bagian seperti telapak tangan dan kaki, serta ketiak. Setelah diusut sebab-sebabnya, keringat dingin muncul lantaran respons tubuh kita terhadap kondisi “tidak beres” di diri kita, baik itu berkaitan dengan fisik maupun psikologis. Namun, keringat dingin berkait erat dengan hormon adrenalin. Oleh karenanya, ketika Anda sedang gugup, deg-degan, atau memikirkan sesuatu yang membuat Anda cemas, biasanya keringat dingin akan muncul dengan sendirinya.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata ada banyak sekali kondisi yang juga dapat menyebabkan keringat dingin, lho. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

  • Mual atau Vertigo

Seseorang biasanya akan mengalami keringat dingin saat mual. Walau begitu, hal ini tidak selalu pasti. Selain itu, pengidap vertigo juga dapat membuat mendapatkan kondisi ini. Gangguan yang menyebabkan pusing ini dapat menyebabkan keluarnya keringat dingin ketika terjadi.

  • Infeksi dan Sepsis

Salah satu gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami keringat dingin adalah infeksi. Hal ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang jaringan tubuh. Pada kebanyakan kasus, infeksi menyebabkan jaringan tubuh kamu meradang ketika sistem kekebalan sedang melawan infeksi.

Kamu juga dapat mengalami keringat dingin ketika terserang sepsis. Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan merespons infeksi pada perut, paru-paru, sistem kemih, atau jaringan tubuh penting lainnya. Sepsis dapat menyebabkan darah menggumpal, sehingga membuat darah dan oksigen sulit masuk dan pada akhirnya menyebabkan keringat dingin.

  • Syok

Gangguan ini terjadi ketika tubuh harus bereaksi terhadap suatu kondisi yang ekstrem atau terjadinya cedera parah. Ketika tubuh kamu mengalami syok, organ-organ tidak menerima oksigen atau darah dengan normal. Syok yang terjadi menimbulkan gejala keringat dingin. Gangguan ini dapat berdampak fatal apabila tidak segera diobati.

  • Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan sakit parah untuk waktu yang lama. Keringat dingin biasanya terjadi selama migrain karena tubuh merespons rasa sakit.

  • Hipoglikemia

Hipoglikemia terjadi ketika gula darah pada tubuh kamu turun ke bawah ambang normal. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gula darah, yang berakibat juga pasokan oksigen yang masuk menurun. Jika ini terjadi, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi.

  • Hipoksia

Hipoksia adalah kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Hipoksia bisa terjadi saat menghirup asap, atau pergi ke tempat yang tinggi di mana pasokan udara berkurang. Karena otak kekurangan oksigen, tubuh merespons dengan keringat dingin dan gejala mental lainnya seperti kesulitan bergerak, kehilangan fokus, dan sulit bernapas.

  • Hipotensi

Gangguan ini terjadi ketika tekanan darah turun secara drastis. Penurunan tekanan darah ini adalah hal yang normal terjadi ketika kamu tidur atau melakukan sedikit aktivitas. Walau begitu, hipotensi dapat berkembang menjadi gangguan serius, sehingga otak atau organ penting lainnya tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

  • Menopause

Menopause terjadi ketika keseimbangan dua hormon tubuh, estrogen dan progesteron, berubah secara dramatis seiring dengan berakhirnya siklus menstruasi. Sejurus dengan datangnya hot flash secara tiba-tiba, keringat dingin adalah salah satu gejala fisik menopause yang paling mencolok. Gejala umum menopause lainnya termasuk kesulitan tidur, perubahan suasana hati, dan penambahan berat badan.

***

Kira-kira itulah beberapa penyebab atau kondisi yang mendorong keluarnya keringat dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengelola emosi dan mental Anda sebaik mungkin. Tindakan medis mungkin dapat diberikan tergantung dari apa penyebab keringat dingin yang Anda derita.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*