Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan

Teh daun sirsak berasal dari daun pohon sirsak yang termasuk dalam family Annonaceace. Daun sirsak berbentuk lonjong seperti telur dan berukuran sekitar 5-15 cm. Buah sirsak dan daunnya tidak hanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi, tapi juga bisa sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati peradangan, nyeri infeksi, diabetes dan sebagainya. Selain itu, dauh teh sirsak ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, yang paling menjadi sorotan adalah klaim bahwa teh ini mampu mengobati kanker. Benarkan demikian? Simak manfaat daun teh sirsak berikut ini.

1. Memiliki sifat antikanker

Salah satu klaim terbesar dari manfaat teh daun sirsak adalah pengobatan kanker. Teh daun sirsak atau teh sirsak dipercaya banyak orang dapat mengobati, mencegah, bahkan hingga menyembuhkan kanker. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bukti yang sahih mengenai klaim ini. Memang ada beberapa studi yang menjelaskan bahwa sirsak memiliki potensi antikanker, tapi penelitian-penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

2. Sebagai obat penenang

Di Hindia Barat, daun sirsak umumnya digunakan sebagai pengobatan sedatif, yakni zat yang dapat membantu menenangkan diri, membuat rileks, dan memudahkan tidur. Sementara di Antillen Belanda, sebuah negara kecil di kepulauan Karibia, daun sirsak direbus atau dibuat menjadi minuman seperti teh yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Masyarakat di sana bahkan memercayai jika menaruh daun sirsak di bawah bantal dapat membuat seseorang cepat tidur. Meski manfaat ini dipercayai banyak orang, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kesahihan manfaat daun sirsak sebagai penenang dan memudahkan tidur.

3. Sebagai obat herbal

Berbagai praktisi pengobatan herbal menggunakan buah dan daun sirsak untuk mengobati penyakit-penyakit yang berkaitan dengan lambung, demam, infeksi parasit, tekanan darah tinggi, serta peradangan di sendi dan otot. Namun, lagi-lagi belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukung manfaat teh daun sirsak atau ekstrak daun sirsak ini.

4. Meringankan gejala fibromyalgia

Dikutip dari Science Daily, Ana María Quilez dari tim peneliti tanaman obat dari Departemen Farmakologi di University of Seville, mengungkapkan bahwa diet yang dilengkapi dengan air ekstrak daun sirsak dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan fibromyalgia, seperti rasa sakit kronis, kecemasan dan depresi. Hal ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan pasien fibromyalgia.

Terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi.

Tidak hanya itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf. Biasanya efek samping ini muncul jika suplemen tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Apabila kerusakan terjadi pada saraf otak, bisa muncul gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Tidak menutup kemungkinan juga kerusakan saraf otak menimbulkan gangguan lain yang menyerupai gejala penyakit Parkinson. Mengonsumsi daun teh sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, banyak dari manfaat daun sirsak yang belum terbukti secara pasti, sementara efek sampingnya berisiko mengganggu kesehatan

Read More

Manfaat Cuka Beras untuk Perawatan Kulit

Di Asia, cuka beras menjadi salah satu bahan masakan yang paling sering digunakan untuk memberikan rasa asam dan manis. Dibandingkan dengan cuka lainnya, cuka jenis ini memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah, sehingga lebih enak untuk dicampurkan pada makanan sehari-hari. Namun, selain sebagai penyedap rasa, masih ada banyak manfaat cuka beras bagi kesehatan.

manfaat cuka beras

Cuka beras dibuat dari beras yang melalui proses fermentasi. Tersedia dua jenis cuka beras yang dapat Anda temui di pasaran, yaitu cuka yang tidak berbumbu dan berbumbu. Untuk memperoleh manfaat yang tepat bagi kesehatan, gunakanlah cuka beras yang belum diolah dengan bumbu-bumbu lainnya.

Mengenal manfaat cuka beras bagi perawatan kulit

Sejak dulu, cuka beras sudah dipercaya sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai permasalahan dalam tubuh. Salah satu manfaat cuka beras bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk memberikan perawatan pada kulit.

Tidak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan cuka beras sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatannya. Hal ini karena cuka beras dipercaya kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Antioksidan ini akan membantu sel-sel kulit untuk melawan radikal bebas yang berbahaya.

Pada dasarnya, kulit yang terpapar oleh radikal bebas lebih rentan mengalami peradangan dan penuaan dini. Penggunaan produk perawatan kulit yang dengan antioksidan akan membantu untuk mencegah hal ini.

Tidak hanya antioksidan, cuka beras juga dipercaya mampu membuat lapisan kulit menjadi lebih kencang dan tetap lembab. Kulit yang lembab akan lebih mudah untuk pulih dari peradangan akibat jerawat serta paparan sinar matahari.

Selain melalui produk perawatan kulit, manfaat cuka beras sebagai perawatan kulit bisa Anda rasakan dengan menggunakan cuka beras secara langsung pada wajah sebagai pengganti toner. Anda bisa mencampurkan cuka beras dengan air dan minyak daun teh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tips menggunakan cuka beras untuk merawat kulit

Cuka beras paling banyak digunakan sebagai bahan masakan. Selain dengan menggunakannya sebagai pengganti toner, Anda juga bisa mencampurkan cuka ini ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan merasakan manfaat cuka beras bagi kulit, tetapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mengonsumsi cuka beras dengan nikmat. Berikut ini rekomendasi makanan yang bisa diampurkan dengan cuka beras tanpa mengurangi kenikmatannya.

  • Salad

Cuka beras dapat digunakan sebagai saus pada salad untuk memberikan cita rasa manis dan asam yang tidak terlalu pekat. Anda cuku menambahkan 2-3 sendok cuka beras ke dalam salad. Untuk menambah rasa yang lebih nikmat, Anda juga bisa mencampurkan cuka beras dengan minyak zaitun ke dalam sayuran salad.

  • Masakan tumis

Sebagian besar masakan Asia menggunakan metode tumis dalam penyajiannya. Untuk menambah rasa pada masakan tumis, Anda bisa menambahkan cuka beras sebagai pengganti kecap asin ataupun cuka jenis lainnya. Secara khusus, cuka beras akan semakin nikmat bila dicampurkan pada tumis sayur-sayuran dan daging.

  • Buah dan sayur-sayuran

Manfaat cuka beras bisa juga Anda dapatkan dengan mencampurkannya ke dalam buah dan sayur-sayuran. Menambahkan cuka beras ke dalam buah atau sayuran tidak akan mengubah cita rasa yang ada, melainkan memberikan sedikit rasa asam dan manis yang natural. Itulah beberapa tips bagi Anda untuk semakin merasakan manfaatkan cuka beras pada makanan yang Anda konsumsi. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, cuka beras juga bisa membawa banyak keuntungan lainnya bagi kesehatan, seperti mengatasi tekanan darah tinggi dan mengontrol berat badan.

Read More

Cantik Alami dengan Manfaat Daun Dewa

Daun dewa merupakan salah satu tumbuhan yang kerap dijadikan obat herbal atau bahan jamu tradisional. Memiliki nama latin Gynura procumbens, manfaat daun dewa ini telah dikenal sejak lama.

Tanaman daun dewa ini tumbuh secara liar, dan biasanya ditemukan mulai dari Pulau Sumatera hingga Bali. Daun dewa ini memiliki daun berbentuk helaian daun bentuk bulat telur oval. Namun di bagian ujung daun meruncing, dan pada tepi daun sedikit bergerigi.

Selain untuk kesehatan, daun dewa ini juga bermanfaat bagi kecantikan kaum perempuan, mulai dari mengobati luka hingga mengurangi bintik hitam pada wajah. Untuk menanamnya pun tidak susah sehingga Anda tidak perlu repot untuk merawat tanaman herbal ini di rumah. Adapun manfaat daun dewa untuk kecantikan yaitu:

  • Mengobati Luka

Cara untuk mengatasi luka dengan daun dewa adalah dengan menumbuk dari umbi daun dewa dicampur dengan gula merah. Obat herbal ini dapat mengobati luka seperti luka bakar. Selain itu, khasiat tanaman ini juga bisa mengobati memar. Caranya haluskan daun dewa yang dicampur dengan beberapa daun tanaman jarak dan meletakkannya di atas luka tersebut.

  • Mengatasi Kutil

Kutil seringkali dianggap mengganggu penampilan terutama pada perempuan. Kutil adalah istilah lain untuk papilloma, sejenis tumor jinak yang ada pada kulit yang disebabkan oleh penebalan berlebihan pada lapisan luar kulit. Cara alami untuk mengobatinya adalah menumpuk beberapa daun daun dewa dan menempel pada kutil dengan selotip.

  • Kaya Akan Antioksidan

Ekstrak etanol Gynura menunjukkan sifat antioksidan tertinggi dalam setiap pengujian. Evaluasi nutrisi menunjukkan bahwa ekstrak tersebut merupakan sumber protein yang baik dan mungkin memiliki efek positif pada penangkal radikal bebas dan pengkelat besi pada kulit.

  • Anti-Ulcerogenik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun etanol Gynura procumbens mempromosikan perlindungan ulkus (area bawah kulit). Seperti yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan area ulkus, penurunan histologis pada area ulkus, dengan tidak adanya atau pengurangan edema dan infiltrasi leukosit

  • Bahan Baku Kosmetik

Manfaat daun dewa selanjutnya, berdasarkan penelitian, diketahui menyimpan beberapa protein, seperti peroksidase. Senyawa ini ditemukan paling banyak dari protein yang diekstraksi. Hasil menunjukkan sumber alami peroksidase banyak digunakan dalam industri kosmetik dan perawatan kulit.

  • Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam adalah gangguan kulit yang sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Anda bisa menggunakan daun dewa untuk membantu menyamarkan bintik hitam pada wajah.

Caranya pun cukup mudah yaitu remas daun dewa untuk mendapatkan getah untuk nantinya dioleskan pada bagian yang terkena flek. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk membantu mengatasi flek hitam Anda.

  • Mengatasi Kulit Berminyak


Kulit berminyak amat sangat mengganggu penampilan, terlebih saat kita menggunakan make up. Namun, jangan khawatir, hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan masker daun dewa secara rutin.

Cara ini sangatlah mudah, yakni dengan menubuk atau  meremas daun dewa sampai mengeluarkan getah. Setelah itu, gunakan sebagai masker alami pada wajah dan tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah. Tunggulah 3-5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

***

Daun sambung nyawa atau daun dewa yang dikonsumsi melebihi aturan atau tidak dengan dosis yang ditentukan akan memberikan efek samping seperti alergi dan gangguan tidur karena setiap orang mempunyai gen yang berbeda beda. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu kulit atau tubuh Anda cocok dengan manfaat daun dewa. Jangan sampai tanaman herbal ini justru berbalik dan memberikan masalah pada kesehatan Anda.

Read More

Ragam Manfaat Tembakau yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berbicara tentang tembakau, orang mungkin akan langsung menghubungkannya dengan rokok. Tidak dapat disalahkan, tembakau memang menjadi salah satu komponen utama rokok. Namun, tahukah Anda, ada ragam manfaat tembakau bagi kehidupan kita?

Telah lama, para ahli menjadikan tembakau sebagai objek penelitian. Beberapa di antaranya menunjukkan bahwa terdapat manfaat tembakau bagi berbagai bidang tertentu, seperti bioteknologi dan rekayasa genetika.

Ragam manfaat tembakau

Penelitian terkait manfaat tembakau sudah berlangsung cukup lama. Para ahli kesehatan sempat menemukan bahwa tembakau berkhasiat untuk mengatasi nyeri, sembelit, kejang, hingga sebagai penawar racun serangga dan reptil.

Sayangnya, dibandingkan khasiatnya, tanaman ini disinyalir lebih banyak memberikan efek negatif. Sehingga penggunaannya sebagai obat-obatan dihentikan.

Meski demikian, hal tersebut tidak membuat penelitian seputar tembakau berhenti. Sampai kini, para ahli masih terus menggali ragam manfaat yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini. Berikut ini beberapa manfaat dari tembakau.

1. Percepatan produksi vaksin

Salah satu manfaat tembakau yang ditemukan oleh para peneliti adalah dapat membantu mempercepat proses produksi vaksin flu. Mengapa demikian?

Di dalam tembakau, diketahui terdapat antigen yang menyerupai virus influenza. Alih-alih memanfaatkan virus influenza dan memakan waktu produksi satu bulan, zat serupa virus influenza di dalam tembakau dapat berperan sebagai antigen dalam produksi vaksin flu. Dengan memanfaatkan tembakau, proses produksi dapat berlangsung jauh lebih singkat.

2. Bahan bakar yang ramah lingkungan

Isu lingkungan semakin menghantui kehidupan kita. Jika kita berselancar di internet, dengan sangat mudah dapat kita temukan dafat kerusakan lingkungan dan efeknya pada bumi. Satu di antara setumpuk persoalan lingkungan adalah bahan bakar dan hasil pembakarannya yang tidak ramah lingkungan.

Mencoba menjawab persoalan tersebut, para ahli meneliti tembakau sebagai alternatif bahan bakar ramah lingkungan. Minyak yang dihasilkan oleh tembakau dapat menjadi bahan bakar nabati atau biofuel.

Para ahli juga mencoba mengamati varietas tembakau mana yang cocok untuk dimodifikasi secara genetika, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Biofuel yang berbahan minyak tembakau ini akan mampu mereduksi emisi CO2 hingga 75%.

3. Menjadi sumber protein nabati

Manfaat tembakau yang lain adalah dapat dijadikan sebagai sumber protein nabati. Para ahli agronomi dan ahli kimia menilai tembakau sebagai sumber protein yang cukup unik. Tembakau dapat diproses dengan mudah untuk menghasilkan protein.

Nantinya, protein tersebut dapat dimanfaatkan makanan ternak, pestisida, hingga bahan pembuatan kosmetika.

Budidayanya yang relatif lebih mudah pun, membuat tembakau dianggap sebagai sumber protein yang menjanjikan. Dibandingkan kedelai dan jagung, tembakau dapat dikembangbiakkan hingga empat kali lebih banyak dalam kurun waktu yang sama.

4. Fitoremediasi

Masih berkaitan dengan lingkungan, tembakau juga dapat dimanfaatkan untuk fitoremediasi. Proses dekontaminasi limbah dan pencemaran lingkungan lainnya dengan memanfaatkan tanaman dan bagian-bagiannya.

Tembakau dianggap sangat ideal untuk fitoremediasi. Mengingat pertumbuhannya yang cepat, kemampuannya memproduksi biomassa yang tinggi, serta kapasitas akumulasi logam berat yang tinggi di pucuk daunnya.

5. Membersihkan tanah dari polusi senyawa peledak

Pencemaran tanah menjadi salah satu isu lingkungan yang belum terselesaikan, layaknya isu lingkungan lainnya. Jenis pencemarnya tentu sangat beragam, satu di antaranya adalah senyawa bahan peledak. Dikenal juga dengan sebutan polutan refraktori yang sangat sulit dihilangkan.

Ternyata, sebuah penelitian di Cambridge Universitymelaporkan bahwa tembakau mampu membersihkan tanah dari senyawa peledak tersebut.

Rupanya cukup banyak manfaat tembakau bagi kehidupan kita, terutama bagi kelestarian lingkungan. Mungkin idealnya tembakau memang dimanfaatkan bagi kelestarian lingkungan, bukan menjadi bahan rokok.

Read More

5 Makanan dari Olahan Kacang Tolo

Banyak manfaat kacang tolo yang menyehatkan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar

Selain kacang merah, kedelai dan kacang tanah, terdapat satu jenis kacang-kacangan yang kerap menjadi bahan olahan masakan, yakni kacang tolo. Bukan tanpa alasan mengapa salah satu jenis kacang-kacangan ini kerap diolah menjadi masakan, banyak manfaat kacang tolo yang menyehatkan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar.

Selain disebut dengan kacang tolo, kacang jenis ini juga dikenal dengan nama tunggak, dadap hingga kacang kebo. Pada umumnya, kacang jenis ini dijual dalam bentuk kering sehingga masyarakat yang ingin mengolahnya menjadi masakan terlebih dahulu harus merendam agar mengembang setelahnya baru bisa diolah dan dimasak.

Olahan dari Kacang Tolo

Banyak masakan yang bisa dibuat menggunakan kacang tolo, bahkan hingga ratusan resep tersebar di internet mengenai cara mengolah kacang tolo menjadi masakan yang menyehatkan. Selain dibuat menjadi sayur sendiri, kacang tolo juga bisa menjadi bahan tambahan sayuran lain karena sifatnya yang fleksibel dan tidak merusak rasa, berikut beberapa jenis makanan kacang tolo.

  • Bakwan kacang tolo.
  • Pie basah isi kacang tolo.
  • Serabi kacang tolo.
  • Onde-onde isi kacang tolo.
  • Sayur kacang tolo.

Manfaat Kacang Tolo

Bukan tanpa alasan mengapa salah satu jenis kacang-kacangan ini kerap dijadikan sebagai olahan masakan atau sekadar bahan tambahan dalam masakan. Hal itu dikarenakan kacang tolo memiliki berbagai komponen zat gizi yang sangat penting untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan kacang tolo untuk tubuh.

  • Protein

Manfaat pertama dan yang utama dari kacang tolo adalah kandungan protein, kacang jenis ini merupakan sumber protein yang baik. Terlebih bagi seseorang yang memang tidak mengonsumsi daging, protein merupakan zat gizi yang sangat penting dibutuhkan tubuh. Termasuk dalam membentuk otot, jaringan kulit, rambut dan kuku.

Asupan protein orang dewasa laki-lai setidaknya mencapai angkat 62-65 gram protein dalam satu harinya dan untuk perempuan sebanyak 56-57. Sementara itu, 100 gram kacang tolo dalam data komposisi pangan Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Indonesia mampu memberi 24,4 gram protein.

  • Zink

Kacang tolo juga merupakan sumber zink, salah satu mineral sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski jumlah zink yang dibutuhkan tubuh tidak banyak, namun kandungan ini berfungsi mengaktivasi sel T yang memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang kekurangan zink, maka sistem kekebalan tubuh mereka otomatis akan menurun.

  • Folat

Konsumsi kacang tolo sebanyak satu cangkir teh penuh mampu memberi 52 persen asupan folat harian yang disarankan dipenuhi tubuh. Folat berperan penting dalam menciptakan materi genetik, merupakan gen pada setiap makhluk hidup dan akan diturunkan kepada anak mereka. Hal inilah yang membuat folat menjadi penting selama masa pertumbuhan anak.

  • Kalsium

Kacang tolo juga merupakan bahan nabati alami yang tinggi akan kalsium, data komposisi pangan Kemenkes RI menyebutkan bahwa dalam 100 gram kacang tolo kecing mengandung 481 mg kalsium. Jumlah ini bahkan sudah bisa memenuhi hingga hampir setengah cukup gizi kalsium orang dewasa, yakni sebesar 1.000 mg dalam setiap harinya.

  • Serat

Manfaat kacang tolo selanjutnya untuk kesehatan muncul dari komposisi serat, serat ini mampu membantu dalam beberapa hal terkait masalah pencernaan. Seperti melancarkan pencernaan, mencegah sembelit hingga mencegah gejala irritable bowel syndrome. Selain itu, serat yang ada juga bisa menjaga tingkat kolesterol di dalam aliran darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Read More

Menilik Perbedaan Asam Askorbat dan Asam Sitrat

Asam askorbat alami biasanya bersumber buah-buahan sitrus seperti jeruk

Dalam menjalankan mekanismenya, tubuh membutuhkan beragam zat agar berlangsung dengan lancar. Salah satu zat yang dibutuhkan adalah asam askorbat. Tubuh membutuhkan zat itu untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin c. Sebab, begitu banyak fungsi vitamin c dalam serangkaian mekanisme kerja tubuh.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan jaringan, perbaikan dan penyembuhan luka. Vitamin C juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari zat-zat yang merusak DNA.

Fakta di lapangan menyebutkan bahwa ada sesuatu yang memiliki peran dan fungsi serupa dengan asam askorbat, yakni asam sitrat. Pertanyaannya adalah, apakah asam sitrat itu benar-benar identik dengan asam askorbat sehingga keberadaannya bisa untuk menggantikan asam askorbat? Berikut penjelasannya:

Definisi dan Pengertian

Untuk dapat mengidentifikasi keduanya, kita harus mengerti dahulu secara mendetail mengenai apa itu asam askorbat dan asam sitrat.

  • Asam Askorbat

Asam askorbat adalah nama bahan kimia alami dari vitamin C. Zat ini banyak ditemukan dalam buah, meski tak sedikit pula sayuran yang mengandung asam askorbat. Buah-buahan seperti jeruk, limau, hingga kiwi merupakan deretan jenis yang banyak mengandung asam askorbat. 

Menurut National Institutes of Health, kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin C adalah sebesar 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria. Sedangkan untuk perokok, memerlukan tambahan vitamin C sekitar 35 mg setiap hari.

Vitamin C termasuk dalam vitamin larut air dan tidak dapat disimpan dalam tubuh jika asupannya berlebihan. Beberapa bahan makanan seperti buah dan sayur akan berkurang kandungan vitamin C-nya saat terkena panas, sehingga asam askorbat dapat ditambahkan kembali ke makanan untuk meningkatkan atau mengganti vitamin C yang hilang selama proses memasak.

Sementara itu, asam askorbat umumnya digunakan untuk mengobati dan mencegah kekurangan vitamin C atau yang biasa disebut dengan skorbut (penyakit kekurangan vitamin C pada tubuh).

  • Asam sitrat

Sebenarnya asam sitrat tidak jauh berbeda dengan asam askorbat. Perbedaan yang paling kentara adalah senyawa ini merupakan buatan manusia atau sintetis. Asam sitrat juga memiliki antioksidan dan merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus citrus. Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang bisa digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan dan minuman ringan. 

Beragam Fungsi

Sifat utama asam askorbat dan asam sitrat merupakan antioksidan. Hal itu menjadikan keduanya dapat membantu menghilangkan oksigen selama proses produksi dan penyimpanan makanan. Oleh karena itu, baik asam askorbat dan asam sitrat memiliki fungsi utama sebagai penjaga kesegaran makanan dan rasa. Meski memang ada beragam fungsi lain dari keduanya.

Asam sitrat merupakan pengawet yang lebih umum digunakan, karena harganya lebih murah dan tersedia dalam jumlah banyak. Asam sitrat juga dapat menurunkan pH makanan dan minuman sehingga membantu cegah pertumbuhan bakteri dan mikroba.

Sedangkan asam askorbat melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mempertahankan warna alami pada makanan tertentu, terutama buah-buahan, sayuran dan bahkan daging yang bisa berubah menjadi kecokelatan ketika terkena oksigen.

Mengenai Rasa

Kedua senyawa ini sama-sama digunakan dalam pengolahan makanan. Akan tetapi ada perbedaan rasa yang dapat mempengaruhi produk makanan yang dicampurkan.

Asam askorbat memiliki rasa yang sedikit pahit dan masam, sedangkan asam sitrat memiliki rasa yang tidak terlalu getir dan masam sehingga lebih disukai untuk meningkatkan rasa makanan seperti kue, minuman soda, minuman kemasan, dan permen.

Itulah beberapa hal yang sekiranya bisa membantu Anda mengidentifikasi perbedaan di antara asam askorbat dan asam sitrat. Kendati keduanya sama-sama dibutuhkan oleh tubuh, tetapi penggunaan yang tidak bertanggung jawab (berlebihan) bisa saja menimbulkan masalah kesehatan. 

Read More

Apa itu Pemeriksaan Spirometri? Berikut Penjelasannya

Merupakan suatu metode pemeriksaan guna mengevaluasi fungsi paru dan mendiagnosis kondisi paru-paru disebut dengan nama spiometri. Dengan menggunakan alat ini, dokter akan meminta para pasien untuk bernapas pada alat tersebut, kemudian alat ini akan memberikan nilai pada fungsi paru-paru pasien tersebut.

Proses dilakukannya tes ini biasanya di rumah sakit dan tempat prakter dokter serta tidak memakan waktu yang lama hanya sekitar lima belas menit. Salah satu kondisi paru-paru yang ditunjukkan alat ini adalah seberapa banyak udara yang bisa dihirup dan dikeluarkan. Fungsi lain dari alat tes ini adalah untuk melakukan diagnose penyakit pada sistem pernapasan.

Penjelasan Spiometri

Alat tes ini juga bisa digunakan untuk melakukan diagnosis beberapa penyakit di sistem pernapasan, seperti di antaranya asma, penyakit paru obstruktif kronik atau dikenal dengan PPOK, asma, emfisema, firbrosis paru hingga bronchitis kronik. Terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui pasien dalam melakukan tes ini.

Pasien memiliki 24 jam sebelum melakukan tes ini, dokter akan menyarankan pasien untuk berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain itu, pasien juga disarankan untuk melakukan olahraga berat dan konsumsi makan dalam jumlah besar beberapa jam sebelum melakukan proses tes ini. Namun, sangat tidak disarankan untuk mengenakan pakaian ketat.

Tes ini memiliki urutan yang harus dijalankan dengan tepat dan benar, untuk itulah mengapa tes ini hanya dilakukan oleh para ahli. Untuk mengawali proses ini, pasien akan diminta untuk duduk pada tempat yang telah disediakan oleh dokter. Setelah itu dokter akan menaruh alat seperti klip pada hidung yang berfungsi menutup kedua lubang hidung.

Dokter juga akan memasang sungkup atau masker untuk pernapasan di mulut, setelah itu dokter akan meminta pasien untuk menarik napas dalam-dalam dan menahannya selama beberapa detik. Lalu menghembuskan napas sekuat mungkin ke dalam masker pernapasan, pada umumnya tes ini dilakukan setidaknya tiga kali.

Hal tersebut diperlukan untuk memastikan hasil yang konsisten, jika pemeriksaan sudah dilakukan dan hasil sudah didapat, dokter akan melihat nilai fungsi paru pasien. Pasca dilakukan tes ini, dokter biasanya akan memberi pasien obat bronkodilator hirup, fungsi obat ini adalah melebarkan jalan napas. Kemudian, setelah 15 menit akan dilakukan tes kembali.

Efek yang kemungkinan ditimbulkan karena pemeriksaan ini adalah pasien akan merasa sediki pusing disertai sesak napas setelah melakukan pemeriksaan. Selain itu, tes ini bukan sembarang dilakukan terhadap seseorang, terdapat beberapa kondisi khusus yang membuat seseorang harus menjalani pemeriksaan ini.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya asma, fibrosis kristik dan fibrosis paru, tes spirometri mampu membantu dokter dalam menentukan tingkat keparahan penyakit di paru-paru. Namun demikian, pemeriksaan dilakukan juga harus dengan alasan yang kuat. Calon pasien terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter terkait.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan penyakit paru yang diakibatkan peradangan kronis, menyebabkan terhambatnya udara di paru-paru sehingga menimbulkan beberapa kondisi seperti sesak napas, mengi dan batuk. Tes ini biasanya dilakukan setiap satu hingga dua tahun untuk menilai fungsi pernasapan.

Konsultasi dilakukan agar dokter dan pasien sama-sama mengetahui adanya gangguan pada fungsi pernapasan. Setelah pemeriksaan dilakukan, dokter juga akan menjelaskan hasil dari tes spiometri yang nantinya dapat menjadi dasar para pasien melakukan pengobatan lanjutan yang perlu dilakukan dan tentunya langkah yang tepat.

Read More

Syarat Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Yang Berhenti Bekerja

Dulu dikenal dengan naman Jamsostek, atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja, BPJS Ketenagakerjaan memberikan harapan bagi para pekerja Indonesia. Keberadaannya sebagai sebuah asuransi baik bagi pekerja formal maupun non-formal memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan kerja yang mungkin dapat terjadi. Tidak berhenti sampai di situ saja, BPJS Ketenagakerjaan juga membeirkan jaminan hari tua (JHT) dan jaminan kematian. Para peserta BPJS Ketenagakerjaan diperbolehkan untuk melakukan proses klaim uang JHT (Jaminan Hari Tua) sebesar 100 persen. Hal tersebut diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015, yang mana merupakan perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2015 tentang semua Penyelenggaraan Program JHT (Jaminan Hari Tua). Dengan peraturan tersebut, para peserta yang mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan apapun dapat mengambil JHT sesuai dengan jumlah saldo yang dimiliki 100%. Selain untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berhenti bekerja, dana JHT tersebut juga dapat diambil oleh keluarga pekerja yang meninggal dunia, atau para peserta yang mengalami kecelakaan dan menderita cacat tetap. Pekerja yang sudah berusia 56 tahun juga diperbolehkan untuk mengambil JHT tersebut. Adapun syarat cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan bagi mereka yang telah berhenti bekerja adalah sebagai berikut.

Syarat pencarian BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta yang berhenti bekerja

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berhenti bekerja, baik karena alasan resign (mengundurkan diri) ataupun mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berhak mencairkan dana JHT yang dimilikinya. Pembayaran saldo JHT tersebut akan dilangsungkan secara tunai setelah peserta memenuhi masa tunggu satu bulan terhitung mulai dari tanggal surat resign atau tanggal PHK diterbitkan. Adapun syarat cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan akibat berhenti bekerja karena mengundurkan diri adalah:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi
  • Melampirkan surat keterangan resign (pengunduran diri) dari perusahaan asli dan fotokopi
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga (KK) yang berlaku asli dan fotokopi
  • Buku tabungan asli dan fotokopi

Tidak banyak berbeda dengan syarat klaim dana JHT bagi peserta yang resign, adapun syarat bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah sebagai berikut:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi
  • Bukti persetujuan bersama (harus sudah didaftarkan di Pengadilan Hubungan Industrial)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga (KK) yang berlaku asli dan fotokopi
  • Buku tabungan asli dan fotokopi

Syarat pencarian BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta yang berusia 56 tahun atau sudah pensiun

Tidak harus menunggu berhenti bekerja atau di-PHK bagi Anda untuk mengambil dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang dimiliki. Apabila Anda adalah seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berusia setidaknya 56 tahun, Anda berhak mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang dimiliki sebesar 100 persen.  Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sudah pensiun. Adapun sebelum Anda mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan baik kantor pusat maupun cabang, Anda perlu membawa persayaratan berikut ini.

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi
  • Surat keterangan perusahaan asli dan fotokopi
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga (KK) yang berlaku asli dan fotokopi
  • Buku tabungan asli dan fotokopi

Itulah tadi syarat cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Apabila Anda membawa syarat-syarat yang diminta dengan lengkap, proses pencairan tidak akan memakan banyak waktu. Lengkapi syaratnya dan ambil hak Anda sekarang juga.

Read More

Cara Mengobati Kencing Manis dengan Daun Brotowali

Daun brotowali menyimpan begitu banyak manfaat, termasuk untuk mencegah diabetes.

Diabetes Mellitus atau merupakan nama latin dari kencing manis merupakan suatu kondisi kadar gula gula dalam tubuh seseorang telah mencapai atau melebihi batas normal pada umumnya. Perlu diketahui bahwa untuk mengatasi penyakit yang termasuk dalam jenis kronos atau penyakit jangka panjang bisa dengan menggunakan daun brotowali.

Komplikasi dapat ditimbulkan jika seseorang mengalami kencing manis, komplikasi ini berhubungan pada beberapa organ vital dalam tubuh manusia. Seperti diantaranya jantung, ginjal, pembuluh darah hingga susunan saraf yang tentunya sangat berbahaya. Jika tidak segera ditangani, beberapa kemungkinan penyakit ini bisa mengancam keselamatan penderitanya.

Manfaat Daun Brotowali

Tanaman brotowali merupakan salah satu jenis herbal yang memiliki khasiat cukup tinggi dalam mengobati masalah kencing manis. Daun ini memiliki senyawa aktif yang fungsinya mampu untuk mengembalikan fungsi sel beta yang kemudian menghasilkan kadar insulin yang cukup dan dibutuhkan bagi tubuh.

Selain dapat digunakan untuk untuk mengobati kencing manis, khasiat lain dari brotowali adalah untuk menyembuhkan luka. Cara yang harus dilakukan pun sangat mudah, yakni hanya dengan mengoleskan tumbukan brotowali pada area atau bagian tubuh yang tengah dalam kondisi luka secara rata.

Sementara itu, terdapat cara tersendiri untuk mendapatkan khasiat dari jenis tumbuhan ini untuk digunakan sebagai alternatif pengobatan kencing manis. Beberapa langkah ini harus dilakukan dengan benar agar manfaat dari daun tersebut bisa didapatkan. Berikut ini cara memanfaatkan brotowali sebagai alternatif untuk pengobatan kencing manis.

Sediakan batang brotowali sepanjang 5 cm, dengan 8 helai daun kumis kucing ditambah dengan 10 helai daun sambiloto.

Setelah dipersiapkan, cucu bersih bahan-bahan tadi dengan menggunakan air yang benar-benar bersih.

Setelah itu, potong batang brotowali dengan ukuran yang kecil, setelah itu rebus semua bahan dengan menggunakan air sebanyak 600 ml.

Biarkan hingga mendidih, hingga air tersisa 400 ml. Setelah itu, angkat dan tuang air rebusan brotowali dengan menggunakan saringan, dan sudah bisa dikonsumsi.

Meski diklaim dapat digunakan untuk mengobati kencing manis, hingga kini belum ada satu penelitian yang menyebutkan bahwa brotowali bisa digunakan untuk mengobati. Selebihnya, berikut ini terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dipercaya bisa didapatkan dari brotowali.

  • Pengobatan Diabetes

Brotowali bisa digunakan untuk pengobatan diabetes, ini menjadi manfaat paling populer dari jenis tumbuhan tradisional tersebut. Mampu meningkatkan insulin dan memicu penyerapan glukosa ke otot, tidak hanya untuk pengobatan tetapi juga bisa untuk mencegah jika ditemukan gejala meningkatnya tekanan gula darah.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Brotowali juga dapat menurunkan tekanan darah, lebih tepatnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Aliran darah yang lancar bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan dari penumpukan kolesterol, lemak, dan zat lain pada dinding pembuluh arteri.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga bisa didapat dengan mengonsumsi brotowali, penyebab penyakit jantung paling banyak ditemui adalah adanya tekanan darah tinggi dan juga penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan kadar kolesterol LDL yang tinggi. Brotowali memiliki antioksidan yang mampu menekan LDL dalam darah dan mampu mencegah penyumbatan.

  • Mengatasi Infeksi Kulit

Manfaat daun brotowali selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah infeksi kulit, dengan menggunakan air rebusan brotowali yang dibalurkan pada luka. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat penyembuhan pada luka yang diakibatkan oleh bakteri, virus hingga jamur ini.

Read More

6 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki kesamaan dengan kentang. Tanaman ini hanya tumbuh di beberapa negara dan biasanya hanya di negara tropis Asia. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Sebab, sudah banyak dimanfaatkan menjadi makanan, contohnya, lapis Bogor. Namun, sebenarnya banyak manfaat talas yang bisa dirasakan untuk kesehatanmu.

Talas juga dapat digunakan sebagai makanan bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, karena tanaman ini mengandung serat dan kaya akan vitamin, di antaranya vitamin A, C, E, B6, dan folat. Talas juga mengandung potassium yang baik untuk pencernaan. Potassium adalah nutrisi penting bagi tubuh karena kekurangan potassium dapat memicu penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan masalah infertilitas.

Berikut penjelasan manfaat talas untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Talas dapat berperan penting dalam membantu kesehatan lambung dan usus, alias gastrointestinal. Talas membantu makanan dicerna dan diserap oleh lambung dan usus, sehingga proses pencernaan dapat berjalan lancar. Talas juga dapat mengurangi masalah-masalah pencernaan, seperti produksi gas yang berlebih, kembung, diare, dan kram perut.

2. Mengatasi masalah darah tinggi

Seperti yang sudah diutarakan di atas, talas mengandung potassium yang mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu, talas baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potassiumdi dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

3. Membantu masalah penglihatan

Talas mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin A untuk membantu penglihatan lebih jernih. Selain itu, talas juga mengandung antioksidan, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin. Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak, beta-carotene juga bisa membantu mengatasi penyakit jantung.

4. Kesehatan kulit dan rambut

Talas mengandung vitamin A, E, dan B6. seperti yang sudah dijelaskan di atas. Vitamin ini berfungsi untuk memperbaiki sel kulit. Antioksidan yang terkandung dalam talas juga mampu untuk mencegah penuaan dini. Fungsi dari vitamin B6 sendiri adalah memperbaiki jaringan. Dengan mengkonsumsi talas secara rutin, kulit akan kembali bersinar, noda hitam juga akan menghilang secara alami. Bagi kulit kepala yang kering, vitamin E dalam talas dapat memberikan kelembapan pada rambut juga.

5. Sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan aliran darah

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C untuk membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, talas juga mampu mencegah anemia karena kandungan zat besinya membantu proses pembentukan sel darah merah, sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme, dan membentuk sel baru dalam tubuh.

6. Baik bagi penderita diabetes

Talas mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes. Jika Anda rutin mengonsumsi talas diiringi dengan diet yang sehat, Anda akan menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat talas yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuhmu. Agar kamu bisa menikmati talas dan merasakan manfaatnya dengan baik, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan utama, sup, atau mungkin bisa dijadikan pudding.

Read More