Ingin Tahu Manfaat Anggur Bagi Kesehatan? Cek Di Sini!

Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah anggur memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Secara ilmiah anggur dikenal sebagai Vitis vinifera yaitu buah beri bulat kecil yang tumbuh berkelompok. Manfaat anggur sudah dikenal sejak dahulu karena manfaatnya yanng sangat banyak.

manfaat anggur

Bahkan ada yang mengatakan bahwa anggur adalah superfood  atau makanan super yang memiliki banyak sekali  manfaat untuk kesehatan. Sebagian gizi dan nutrisi yang terdapat dalam anggur baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan lain secara keseluruhan. Jadi, apa sajakah manfaat anggur untuk tubuh Anda!

  • Peremajaan kulit

Anggur  dipenuhi dengan vitamin C dan antioksidan yang banyak, dan buah ini dapat membantu merevitalisasi kulit Anda. Faktanya, mereka bahkan dapat melindungi kulit Anda dari radiasi sinar ultraviolet yang menjadi penyebab kanker dan radikal bebas. Pun juga dapat menyebabkan keriput dan bintik hitam. Vitamin C pada anggur diperlukan agar kulit Anda membentuk kolagen yang dapat membantu memberikan kekencangan pada wajah Anda.

  • Kesehatan tulang

Manfaat anggur lainnya adalah sebagai sumber nutrisi mikro yang luar biasa seperti mangan dan zat besi yang penting bagi perkembangan dan kekuatan tulang Anda. Memasukkan anggur dalam makanan Anda sehari-hari dapat mencegah gangguan pada tulang, seperti osteoporosis. Mangan adalah elemen yang sangat penting dalam tubuh, yang dpat membantu dalam segala hal mulai dari metabolisme protein, pembentukan kolagen, dan fungsi sistem saraf.

  • Penyakit jantung

Buah anggur dapat membantu meningkatkan kadar nitrat dalam darah. Di mana hal tersebut akan membantu mencegah pembekuan darah. Jadi, anggur merupakan cara efektif untuk mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Selainn itu, antioksidan yang ada di dalam anggur juga dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang dapat menyumbat pembuluh darah dan pemasok utama berbagai gangguan jantung koroner.

  • Membantu mengurangi obesitas dan diabetes tipe 2

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang ada dalam buah anggur dan produk anggur membantu mengurangi sindrom metabolik dan mencegah perkembangan obesitas dan diabetes tipe 2.

Anggur sendiri telah dikategorikan sebagai makanan indeks glikemik rendah dengan nilai GI berkisar antara 43-53. Sedangakan jus anggur dan ekstrak anggur dapat menawarkan keseimbangan gula darah yang lebih baik, regulasi insulin yang lebih baik, dan peningkatan sensitivitas insulin. Jadi, sertakan anggur dalam makanan harian Anda untuk mengurangi onesitas dan diabetes tipe 2.

  • Migran

Buah anggur yang sudah matang atau jus anggur adalah salah satu obat rumahan yang paling bermanfaat untuk menyembuhkan migran. Anda dapat mengonsumsi jus anggur tersebut pagi hari untuk meredakan migran. Ada banyak penyebab terjadinya migren dan sulit untuk menidentifikasi apa penyebab utamanya. Namun, bisa jadi penyebabnya adalah kurang tidur, kekurangan makanan, atau perubahan cuaca.

  • Kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam anggur akan melindungi retina dan lensa mata. Mereka terbukti dapat meningkatkan jangkauan pengelihatan, mengurangi ketidaknyamanan akibat silau matahari atau cahaya, meningkatkan kontras visual, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang.

Radikal bebas pada mata dapat menyebabkan katarak, penyakit kardiovaskular, kanker dan berbagai masalah mata terkait usia. Terkait dengan degenerasi makula yang terjadi ketika usia yang semakin tua. Untungnya, antioksidan yang terdapat pada anggur memiliki manfaat anti penuaan tertentu, yang tidak hanya membantu Anda terlihat lebih muda saja, tetapi juga merasa lebih muda dan mencegah kondisi terkait usia seperti katarak. Manfaat anggur memang luar biasa sekali, Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan, pencuci mulut ataupun tambahan pada beberapa hidangan lainnya. Meskipun banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan, namun mengonsumsi anggur secara berlebih an pun tidak akan baik bagi tubuh. Ada baiknya untuk tetap mengonsumsi dalam batas yang normal dan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*