Jaga Kinerja Otak dengan Makanan Terbaik untuk Otak Berikut!

makanan untuk otak

Banyaknya pekerjaan dan kesibukan sering membuat kita memaksa otak bekerja lebih keras. Agar bisa terus berfungsi dengan baik, kita harus merawat otak. Hal yang paling sederhana adalah mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan terbaik untuk otak. Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi?

  • Buah Bit

Buah berwarna keunguan ini mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Para ilmuwan menyebutkan bahwa nitrat alami pada buat bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerja otak lebih meningkat. Buat bit yang dipanggang lalu disajikan dengan saus madu menjadi makanan terbaik untuk otak yang sehat dan mudah dibuat.

  • Daun Sage

Daun sage dipercaya dapat menambah daya ingat otak. Herbal ini mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan intelegensi.

  • Daging Sapi Grass-Fed

Daging Sapi Grass-Fed adalah daging yang berasal dari sapi pengkonsumsi rerumputan saja. Berbeda dengan daging sapi lainnya, daging ini mempunyai kadar zat besi yang lebih baik. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita dengan kadar zat besi yang sehat mempunyai mental yang lebih sehat dalam menjalankan tugasnya. Zat besi ini membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan tentunya otak.

  • Ikan Sarden

Ini dia salah satu makanan terbaik untuk otak yang mudah didapat. Ikan sarden mengandung EPA, DHA, serta asam lemak omega 3. Zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan komunikasi di antara sel-sel otak. Selain itu juga membantu untuk mengatur neurotransmiter yang bertanggung jawab pada fokus otak.

  • Telur

Telur, khususnya kuning telur adalah sumber utama kolin yang membantu Anda untuk meningkatkan memori pada kinerja otak. Dengan menyantap telur yang kaya akan protein pada pagi hari, dapat meningkatkan kinerja kognitif otak secara keseluruhan.

  • Yerba Mate

Minuman herbal yang berasal dari pohon mate ini pada umumnya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan. Salah satu manfaat tanaman dari Amerika Selatan ini adalah dapat meningkatkan kekuatan otak jangka pendek. Sehingga, secangkir yerba mate ini membantu otak untuk kembali lebih bersemangat.

  • Gandum

Semangkuk gandum dengan ditambahkan potongan buah bisa menjadi makanan terbaik untuk otak Anda. Glukosa yang berasal dari karbohidrat pada gandum menjadi bahan bakar utama untuk otak. Karena tubuh memecah karbohidrat pada gandum utuh dengan sangat perlahan, hal ini membuat fokus Anda tetap terjaga selama beberapa jam ke depan.

  • Lentil atau Miju-Miju

Menambahkan lentil ke dalam semangkuk salad atau sup seharusnya tidak masalah. Legum adalah salah satu makanan yang kaya akan folat serta vitamin B untuk meningkatkan kekuatan otak. Kandungan folat juga berperan untuk menurunkan kadar asam amino perusak otak.

  • Biji Rami

Biji Rami adalah sumber terbaik lemak sehat yang meningkatkan kinerja otak yang memproses informasi sensorik seperti sentuhan dan rasa. Taburkan satu sendok makan biji rami di atas salad atau campurkan ke dalam satu gelas jus buah.

  • Kacang Kenari

Para ilmuwan menemukan bahwa diet dengan kacang kenari bisa meningkatkan kinerja otak. Sebab, sinergi antara antioksidan dan asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan kekuatan otak.

  • Bayam dan Sayuran Lainnya

Sebuah penelitian menemukan bahwa sayuran bagus untuk wanita. Sayuran yang baik adalah sayuran hijau (bayam dan selada romaine) dan sayuran silangan (brokolo dan kembang kol). Dari hasil sebuah penelitian, terungkap bahwa wanita yang paling banyak mengonsumsi sayuran mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat jika dibandingkan dengan wanita yang jarang mengonsumsi sayur-sayuran.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*