Manfaat Cuka Beras untuk Perawatan Kulit

Di Asia, cuka beras menjadi salah satu bahan masakan yang paling sering digunakan untuk memberikan rasa asam dan manis. Dibandingkan dengan cuka lainnya, cuka jenis ini memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah, sehingga lebih enak untuk dicampurkan pada makanan sehari-hari. Namun, selain sebagai penyedap rasa, masih ada banyak manfaat cuka beras bagi kesehatan.

manfaat cuka beras

Cuka beras dibuat dari beras yang melalui proses fermentasi. Tersedia dua jenis cuka beras yang dapat Anda temui di pasaran, yaitu cuka yang tidak berbumbu dan berbumbu. Untuk memperoleh manfaat yang tepat bagi kesehatan, gunakanlah cuka beras yang belum diolah dengan bumbu-bumbu lainnya.

Mengenal manfaat cuka beras bagi perawatan kulit

Sejak dulu, cuka beras sudah dipercaya sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai permasalahan dalam tubuh. Salah satu manfaat cuka beras bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk memberikan perawatan pada kulit.

Tidak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan cuka beras sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatannya. Hal ini karena cuka beras dipercaya kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Antioksidan ini akan membantu sel-sel kulit untuk melawan radikal bebas yang berbahaya.

Pada dasarnya, kulit yang terpapar oleh radikal bebas lebih rentan mengalami peradangan dan penuaan dini. Penggunaan produk perawatan kulit yang dengan antioksidan akan membantu untuk mencegah hal ini.

Tidak hanya antioksidan, cuka beras juga dipercaya mampu membuat lapisan kulit menjadi lebih kencang dan tetap lembab. Kulit yang lembab akan lebih mudah untuk pulih dari peradangan akibat jerawat serta paparan sinar matahari.

Selain melalui produk perawatan kulit, manfaat cuka beras sebagai perawatan kulit bisa Anda rasakan dengan menggunakan cuka beras secara langsung pada wajah sebagai pengganti toner. Anda bisa mencampurkan cuka beras dengan air dan minyak daun teh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tips menggunakan cuka beras untuk merawat kulit

Cuka beras paling banyak digunakan sebagai bahan masakan. Selain dengan menggunakannya sebagai pengganti toner, Anda juga bisa mencampurkan cuka ini ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan merasakan manfaat cuka beras bagi kulit, tetapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mengonsumsi cuka beras dengan nikmat. Berikut ini rekomendasi makanan yang bisa diampurkan dengan cuka beras tanpa mengurangi kenikmatannya.

  • Salad

Cuka beras dapat digunakan sebagai saus pada salad untuk memberikan cita rasa manis dan asam yang tidak terlalu pekat. Anda cuku menambahkan 2-3 sendok cuka beras ke dalam salad. Untuk menambah rasa yang lebih nikmat, Anda juga bisa mencampurkan cuka beras dengan minyak zaitun ke dalam sayuran salad.

  • Masakan tumis

Sebagian besar masakan Asia menggunakan metode tumis dalam penyajiannya. Untuk menambah rasa pada masakan tumis, Anda bisa menambahkan cuka beras sebagai pengganti kecap asin ataupun cuka jenis lainnya. Secara khusus, cuka beras akan semakin nikmat bila dicampurkan pada tumis sayur-sayuran dan daging.

  • Buah dan sayur-sayuran

Manfaat cuka beras bisa juga Anda dapatkan dengan mencampurkannya ke dalam buah dan sayur-sayuran. Menambahkan cuka beras ke dalam buah atau sayuran tidak akan mengubah cita rasa yang ada, melainkan memberikan sedikit rasa asam dan manis yang natural. Itulah beberapa tips bagi Anda untuk semakin merasakan manfaatkan cuka beras pada makanan yang Anda konsumsi. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, cuka beras juga bisa membawa banyak keuntungan lainnya bagi kesehatan, seperti mengatasi tekanan darah tinggi dan mengontrol berat badan.

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*