Perhatikan Make Up Anak, Walau Cuma Berwujud Mainan

Ketika berdandan apakah si kecil diam-diam memperhatikan Anda? Jika ya, Anda harus mulai berhati-hati dan melakukan pengawasan ketika anak mencoba merias wajahnya dengan make up yang Anda pakai. Rasa penasaran juga mungkin tumbuh ketika ia menonton tutorial make up anak yang banyak terdapat di internet.

Ketika anak mulai meminta untuk dibelikan perangkat make up, sebaiknya Anda alihkan dahulu rasa penasaran mereka dengan memberinya make up mainan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan risiko padanya. Sebab, biar bagaimana juga make up yang tersedia di pasaran tak diperuntukkan bagi anak-anak.

Kendati Anda memberikan make up anak mainan, Anda juga wajib selektif dan mencari informasi yang akurat mengenai keamanan produk tersebut. Jika nantinya salah memilih produk make up anak, kesehatan si kecil akan menjadi taruhannya. Pasalnya kulit anak jauh lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Sebagai orang tua harus memastikan betul-betul keamanan bahan pembuatan mainan makeup anak yang akan dibeli.

Tips Memilih Mainan Make Up Anak

Biasanya para ibu masih bingung ketika memilih mainan make up anak. Apakah produk yang sudah sesuai standar, memiliki sertifikasi halal, dan lulus BPOM sehingga menjamin keamanan saat dipakai oleh anak? Apakah nantinya akan membuat wajah anak menjadi iritasi serta gatal?  Berikut beberapa tips sebelum membelikan mainan kosmetik untuk anak :

  • Cocokkan dengan umurnya

Ini adalah hal pertama yang harus dipastikan saat orang tua membelikan mainan apa pun untuk anak, tak terkecuali mainan make up. Ini juga penting diperhatikan ketika kita berniat membelikan mainan untuk hadiah anak saudara atau anak sahabat.

  • Cek keamanan produk

Rata-rata semua mainan yang dijual di rak mainan aman untuk bayi, diembel-embeli label khusus, seperti food grade, SNI, BPOM, label halal, dan sebagainya. Memang benar, sebagian besar mainan itu aman, namun ada hal-hal pribadi yang perlu diperhatikan.

Lihat komponen yang terdapat dalam mainan make up anak. Apakah kaca riasnya mudah lepas dan akhirnya bisa melukai si kecil? Apakah tutup pensil alisnya terlampau runcing sehingga bisa melukai bayi, misalnya tercolok ke mata?

Apakah ada sekrup kecil yang mudah lepas dan tertelan? Apakah catnya terlalu mudah mengelupas, sehingga bisa termakan oleh anak? Hal- hal kecil seperti ini juga harus ikut diperhatikan juga untuk menghindari hal buruk terjadi dan demi keamanan si kecil ketika bermain.

  • Cek komposisi bahan pembuatan produk

Komposisi ini penting mengingat beberapa anak memiliki riwayat kulit sensitif. Sebagian besar mainan make up anak mungkin tidak mencantumkan komposisi, tetapi ada baiknya ibu mencari tahu lebih  banyak soal ini, terlebih jika mainan make up anak tersebut didatangkan dari luar negeri.

Komposisi yang dimaksud khususnya pewarna.  Apakah bahan pewarna untuk kosmetik anak tersebut aman? Pastikan bahan pewarna tersebut tidak mengandung zat kimia berbahaya yang dapat membahaykan anak saat memainkannya.

  • Beli make up yang mudah dibersihkan

Pilihlah produk kosmetik anak yang mudah dibersihkan, baik itu cat kuku, lipstik, lipgloss, dan sebagainya. Kosmetik yang mudah dihapus biasanya jarang sekali menimbulkan iritasi kulit pada anak.

  • Sesuaikan dengan karakter anak

Sekarang banyak sekali produk kosmetik yang bertemakan untuk anak. Misalnya tema-tema Princess Disney, Barbie, maupun Hello Kitty. Kosmetik ini akan membuat anak tidak cepat bosan memainkannya. Mereka juga lebih telaten untuk menyimpan dan menghemat penggunaannya, sehingga mainan tidak cepat rusak.

Itu dia beberapa tips yang bisa diperhatikan dan dipahami saat membelikan make up yntuk anak. Para orang tua juga wajib memberikan edukasi terlebih dahulu kepada anak hal-hal apa saja yang boleh dilakukan ketika bermain rias-merias. Misalnya, jika di dalam suatu produk terdapat lipstick ataupun lipgloss biasanya produk tersebut memiliki aroma wewangian yang enak dan memiliki warna yang menarik, sehingga sebagai orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak jika produk tersebut tidak boleh dijilat ataupun dimakan.

Jika para Ibu masih khawatir dengan keamanan make up anak yang akan dibeli, Anda bisa memberikan anak produk make up yang dijamin aman seperti bedak padat khusus balita, pelembab wajah, atau produk make up anak yang sudah pasti teruji aman.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*