Ragam Manfaat Tembakau yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berbicara tentang tembakau, orang mungkin akan langsung menghubungkannya dengan rokok. Tidak dapat disalahkan, tembakau memang menjadi salah satu komponen utama rokok. Namun, tahukah Anda, ada ragam manfaat tembakau bagi kehidupan kita?

Telah lama, para ahli menjadikan tembakau sebagai objek penelitian. Beberapa di antaranya menunjukkan bahwa terdapat manfaat tembakau bagi berbagai bidang tertentu, seperti bioteknologi dan rekayasa genetika.

Ragam manfaat tembakau

Penelitian terkait manfaat tembakau sudah berlangsung cukup lama. Para ahli kesehatan sempat menemukan bahwa tembakau berkhasiat untuk mengatasi nyeri, sembelit, kejang, hingga sebagai penawar racun serangga dan reptil.

Sayangnya, dibandingkan khasiatnya, tanaman ini disinyalir lebih banyak memberikan efek negatif. Sehingga penggunaannya sebagai obat-obatan dihentikan.

Meski demikian, hal tersebut tidak membuat penelitian seputar tembakau berhenti. Sampai kini, para ahli masih terus menggali ragam manfaat yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini. Berikut ini beberapa manfaat dari tembakau.

1. Percepatan produksi vaksin

Salah satu manfaat tembakau yang ditemukan oleh para peneliti adalah dapat membantu mempercepat proses produksi vaksin flu. Mengapa demikian?

Di dalam tembakau, diketahui terdapat antigen yang menyerupai virus influenza. Alih-alih memanfaatkan virus influenza dan memakan waktu produksi satu bulan, zat serupa virus influenza di dalam tembakau dapat berperan sebagai antigen dalam produksi vaksin flu. Dengan memanfaatkan tembakau, proses produksi dapat berlangsung jauh lebih singkat.

2. Bahan bakar yang ramah lingkungan

Isu lingkungan semakin menghantui kehidupan kita. Jika kita berselancar di internet, dengan sangat mudah dapat kita temukan dafat kerusakan lingkungan dan efeknya pada bumi. Satu di antara setumpuk persoalan lingkungan adalah bahan bakar dan hasil pembakarannya yang tidak ramah lingkungan.

Mencoba menjawab persoalan tersebut, para ahli meneliti tembakau sebagai alternatif bahan bakar ramah lingkungan. Minyak yang dihasilkan oleh tembakau dapat menjadi bahan bakar nabati atau biofuel.

Para ahli juga mencoba mengamati varietas tembakau mana yang cocok untuk dimodifikasi secara genetika, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Biofuel yang berbahan minyak tembakau ini akan mampu mereduksi emisi CO2 hingga 75%.

3. Menjadi sumber protein nabati

Manfaat tembakau yang lain adalah dapat dijadikan sebagai sumber protein nabati. Para ahli agronomi dan ahli kimia menilai tembakau sebagai sumber protein yang cukup unik. Tembakau dapat diproses dengan mudah untuk menghasilkan protein.

Nantinya, protein tersebut dapat dimanfaatkan makanan ternak, pestisida, hingga bahan pembuatan kosmetika.

Budidayanya yang relatif lebih mudah pun, membuat tembakau dianggap sebagai sumber protein yang menjanjikan. Dibandingkan kedelai dan jagung, tembakau dapat dikembangbiakkan hingga empat kali lebih banyak dalam kurun waktu yang sama.

4. Fitoremediasi

Masih berkaitan dengan lingkungan, tembakau juga dapat dimanfaatkan untuk fitoremediasi. Proses dekontaminasi limbah dan pencemaran lingkungan lainnya dengan memanfaatkan tanaman dan bagian-bagiannya.

Tembakau dianggap sangat ideal untuk fitoremediasi. Mengingat pertumbuhannya yang cepat, kemampuannya memproduksi biomassa yang tinggi, serta kapasitas akumulasi logam berat yang tinggi di pucuk daunnya.

5. Membersihkan tanah dari polusi senyawa peledak

Pencemaran tanah menjadi salah satu isu lingkungan yang belum terselesaikan, layaknya isu lingkungan lainnya. Jenis pencemarnya tentu sangat beragam, satu di antaranya adalah senyawa bahan peledak. Dikenal juga dengan sebutan polutan refraktori yang sangat sulit dihilangkan.

Ternyata, sebuah penelitian di Cambridge Universitymelaporkan bahwa tembakau mampu membersihkan tanah dari senyawa peledak tersebut.

Rupanya cukup banyak manfaat tembakau bagi kehidupan kita, terutama bagi kelestarian lingkungan. Mungkin idealnya tembakau memang dimanfaatkan bagi kelestarian lingkungan, bukan menjadi bahan rokok.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*