Setelah Bekerja, Lakukan Langkah Ini untuk Senam Mata

Setelah Bekerja, Lakukan Langkah Ini untuk Senam Mata

Pernahkah Anda merasa lelah pada area mata setelah bekerja di depan laptop seharian? Hal ini sebenarnya wajar terjadi, namun tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Karena itu, cobalah untuk melakukan langkah senam mata di sela-sela waktu bekerja.

Percaya atau tidak, beberapa masalah pada mata bisa diatasi hanya dengan melakukan senam mata secara rutin. Contohnya, gangguan rabun jauh, rabun dekat, dan silinder dapat diringankan dengan senam mata.

Jika Anda terlalu lama berhadapan pada layar laptop, Anda mungkin akan mengalami gejala mata kering, sakit kepala, pandangan kabur, serta ketegangan mata. Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan senam mata guna menghindari hal ini. 

Macam-macam gerakan senam mata

Senam mata bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya di sela-sela waktu pekerjaan tanpa perlu mengeluarkan energi yang terlalu banyak.

Berikut ini macam-macam gerakan senam mata yang bisa Anda coba: 

  • Senam 20-20-20

Senam yang satu ini cocok untuk meredakan ketegangan mata, khususnya ketegangan mata yang terjadi setelah menatap layar komputer sepanjang hari. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengingat untuk melihat sesuatu dengan jarak kira-kira 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

Jarak 20 kaki setara dengan 6 meter. Maka, setelah bekerja selama 20 menit, alihkan pandangan Anda ke benda yang berjarak 6 meter dari Anda, kemudian tatap benda tersebut selama 20 detik.

  • Menggerakkan mata

Menggerakkan mata juga berfungsi untuk membantu Anda mengatasi ketegangan mata digital. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda perlu memejamkan mata terlebih dahulu. 

Setelah itu, gerakkan mata Anda ke atas dan ke bawah secara perlahan. Ulangi sampai tiga kali. Kemudian, ubah gerakan ke arah kiri dan kanan secara bergantian dan ulangi sampai tiga kali juga. 

  • Fokus jauh dan dekat

Sesuai dengan namanya, senam yang satu ini bermanfaat untuk mengendalikan fokus mata Anda. Setelah menatap layar seharian, Anda mungkin mengalami penglihatan yang kabur dan sulit fokus. 

Cara melakukannya, posisikan ibu jari Anda sekitar 10 inci dari wajah. Kemudian, fokuskan pandangan ke ujung ibu jari selama 15 detik. Setelah itu, alihkan pandangan ke objek lain yang berjarak kira-kira 5-6 meter dari Anda, lalu pandang objek tersebut selama 15 detik. 

Ulangi gerakan tersebut secara bergantian hingga kurang lebih lima kali. 

  • Push up pensil

Gerakan senam ini biasanya direkomendasikan oleh dokter bagi orang-orang yang menderita masalah konvergensi penglihatan. Pertama-tama, pegang pensil dengan jarak sejauh lengan, posisikan di antara kedua mata.

Lalu, tatap pensil dan gerakkan pensil secara perlahan ke arah hidung. Sepanjang gerakan, jangan alihkan pandangan Anda dari posisi awal pensil, meski pensil tersebut sudah tidak di posisi itu lagi. 

Setelah itu, gerakkan kembali pensil ke posisi yang sebelumnya. Ulangi langkah ini sampai 20 kali. 

  • Gerakan angka 8

Lakukan gerakan ini dengan posisi duduk. Pilih satu titik di lantai sejauh 3 meter dari posisi duduk Anda. Fokuskan pandangan Anda pada titik tersebut.

Kemudian, gerakkan kedua mata Anda dengan arah seolah-olah membentuk angka 8. Lakukan terus selama kurang lebih 30 detik lalu ulangi dengan arah yang sebaliknya. 

Bila Anda melakukan senam mata secara rutin, Anda  bisa menjaga kesehatan mata meski harus berhadapan dengan layar laptop seharian. Jangan sampai, pekerjaan Anda membuat kesehatan mata Anda menjadi terganggu. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*