Tips Memberi Makan Anak Picky Eater yang Hobi Memilih Menu

tips memberi makan anak picky eater

Masalah makanan memang membuat banyak orangtua pusing. Anak-anak di usia balita cenderung memilih makanan yang menurut mereka lezat saja. Sementara itu, mereka akan menolak atau melempar makanan lain yang tidak disukai.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips memberi makan anak “picky eater”:

1. Jangan Memaksa Anak untuk Makan

Jangan mengubah waktu makan menjadi “pertempuran”. Sebaliknya, buat acara makan menjadi momen yang menyenangkan.

Jika anak menolak, teruslah berusaha. Tawarkan beraneka jenis buah-buahan, sayuran, dan makanan orang dewasa lainnya.

2. Coba di Lain Hari

Apakah si kecil menolak brokoli dan membenci asparagus? Wajar saja! Sayuran tertentu kadang memiliki aroma dan rasa yang kuat, terutama setelah dimasak. Tidak masalah, Anda bisa bersabar, dan coba tawarkan lagi di lain hari.

3. Ajak Anak Memetik Sayuran atau Berbelanja

Agar anak mau mencoba makan sayuran, ajak mereka berbelanja ke toko sayuran atau memetiknya sendiri di kebun. Anak akan menjadi lebih antusias untuk menikmati sayuran yang mereka “panen” sendiri.

4. Batasi Minuman Berkalori

Hindari memberikan susu atau jus mendekati waktu makan. Jika anak minum terlalu banyak, mereka akan kenyang dan menolak makan.

Untuk anak usia 1-6 tahun, mereka hanya boleh minum jus setengah cangkir setiap hari. Selain itu, mereka juga masih harus minum 2 atau 3 gelas susu. Jadi, sebaiknya asupan minuman perlu dibatasi.

5. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Anak mungkin hanya memilih makanan yang manis ketimbang menu lain. Sebagai tips memberi makan anak picky eater, Anda bisa menawarkan camilan sehat yang mengandung gula alami. Seperti yogurt, buah-buahan, pisang, anggur, buah apel, dll.

6. Mengatur Rutinitas Makan

Tetapkan rutinitas makan yang sama setiap hari. Anak perlu makan sebanyak 6 kali setiap hari, termasuk 3x jam makan ditambah makan selingan. Untuk makanan camilan, tawarkan anak buah-buahan, sereal, sandwich, atau yogurt.

7. Menciptakan waktu Makan yang Menyenangkan

Tips memberi makan anak picky eater selanjutnya yang tak kalah penting adalah membuat suasana makan yang nyaman dan menyenangkan.

Buatlah anak tak sabar berada di ruang makan untuk bersantap bersama keluarga dan orangtua. Sebagai contoh, Anda bisa membentuk nasi dalam bentuk yang lucu menggunakan cetakan bintang, boneka, atau buah.

Ubah waktu makan menjadi permainan “siapa yang bisa menghabiskan semua makanan”. Atau, Anda bisa berpiknik bersama untuk perubahan suasana makan.

Dengan keteladanan yang baik, biasanya anak akan mencontoh orangtua. Apa yang dimakan orangtua, juga akan menginspirasi anak untuk mencoba kebiasaan makan tersebut. Mari, teruskan kebiasaan makan sehat beraneka buah-buahan dan sayuran untuk keluarga.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*